Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan


http://ksatriaputih.files.wordpress.com/2012/01/bigstockphoto_morning_run_29393.jpg?w=1119&h=624

 

Manfaat Olahraga Lari Pada Pagi Hari
Ternyata berlari mempunyai khasiat yang nyata bagi kesehatan tubuh manusia, manfaat berlari selain bisa menyegarkan tubuh manusia juga bisa mempertajam penglihatan manusia menjaga jantung dan lain sebaginya. Apalagi berlari pada waktu pagi hari sebelum udara terhiasi oleh polusi-polusi, waktu pagi hari yang tepat untuk melakukan lari pagi adalah antara jam 05.30 sampai pukul 07:00 pagi hari. Inilah beberapa Manfaat berlari menurut JoAnn Manson, MD, seorang kepala pengobatan preventif dari Brigham and Women’s Hospital sebagai berikut :

Menjaga Jantung
Orang yang melakukan lari selama sekitar 16 kilometer atau lebih per minggu bisa menjaga jantung lebih stabil untuk memompa dan mengalirkan keseluruh tubuh manusia.

Berpikir Cepat
Orang yang melalukan lari pagi hari mempunyai tingkat konsentrasi yang tinggi bila dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan lari pagi. Seperti survey yang pernah dilakukan terhadap beberapa karyawan di Inggris. Karyawan yang melakukan lari di pagi hari mempunyai tingkat konsentrasi serta produktivitas kerja mereka meningkat dan hanya sedikit melakukan kesalahan.

Tulang Kuat
Berlari ternyata membantu menguatkan tulang karena saat berlari seseorang telah melakukan gerakan yang bersamaan pada beberapa organ tubuh dan saling mensingkronisasikan, sehingga bisa mempadatkan tulang.

Menunda Penuaan
Journal of the American Geriatrics Society dalam studinya menulis bahwa wanita yang aktif sejak remaja jauh dari risiko terkena demensia di usia lanjutnya. Artinya berlari bisa menjauhkan kita dari efek penuaan lebih lama.

Hidup Lebih Lama
Sebuah rangkuman dari 22 penelitian menemukan bahwa orang yang berolahraga sekitar 2.5 jam per minggu mengurangi 19 persen risiko meninggal di usia muda ketimbang mereka yang tidak berolahraga. Penelitian lain mengatakan bahwa mereka yang aktif menurunkan 50 persen risiko meninggal terlalu dini.

Bernapas Lebih Baik serta menanggulangi Infeksi Saluran Pernapasan Atas
Para periset meminta responden dengan kondisi asma untuk melakukan latihan kardio dan kekuatan rutin selama 3 bulan. Hasilnya, masalah pernapasan mereka berkurang. Mereka yang berlari sejam per hari mengurangi risiko 18 persen terkena infeksi saluran pernapasan atas ketimbang mereka yang tidak aktif, menurut penelitian di Swedia. Ternyata aktivitas menengah pun bisa meningkatkan imun tubuh.

Tidur Nyenyak
Para peneliti melihat efek berlari pada orang-orang yang memiliki kondisi insomnia. Di hari mereka berlari, ditemukan bahwa mereka bisa tidur setelah 17 menit berbaring, sementara di hari mereka tidak berlari, mereka butuh sekitar 38 menit hingga bisa tidur. Bahkan mereka juga tidur 1 jam lebih lama di keesokan harinya.

Itulah beberapa manfaat ketika seseorang melakukan lari pagi.

 

About these ads
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: